Kamis, 03 Maret 2011

Air Terjun Saluopa



Sulawesi menyimpan banyak pesona wisata yang layak dikunjungi. Pulau terbesar ke-11 di dunia ini memiliki cukup banyak obyek wisata, di antaranya Air Terjun Saluopa. Air Terjun Saluopa terletak di sebelah barat kota Tentena, ibu kota kecamatan pamona utara, kabupaten poso. untuk mencapai air terjun dapat di gunakan kendaraan darat dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 500 meter.


Keunikan air terjun ini terlihat dari jumlah tingkatan yang dimiliknya. Bila umumnya air terjun hanya bertingkat dua atau tiga, Air Terjun Saluopa ini memiliki 12 tingkat. setiap pengunjung yang datang dapat naik ke tingkat paling atas melalui batu-batuan yang tidak berlumut di bawa derasnya air.





Di bawah air terjun ini terdapat beberapa kolam dengan air yang sangat jernih. Air mengalir cukup deras dan mengikuti lengkungan batu-batu besar yang tersusun sedemikian rupa. Para pengunjung dapat bermain-main air di atas bebatuan tersebut sambil berfoto dengan latar belakang air terjun. Di antara percikan air terjun terkadang muncul warna pelangi yang sangat indah dan memesona. Keindahan Air Terjun Saluopa dan hutan tropisnya memang patut dikagumi oleh bangsa Indonesia.



*ARIEL DJIAN*

0 komentar:

Posting Komentar